Classicalic's Posts


2011/11/06

Viola

Sebelah kiri adalah violin &  kanan adalah viola.



Viola material dan konstruksinya mirip violin. Ukuran penuh viola adalah antara 1 inci (25 mm) dan 4 inci (100 mm) lebih panjang dari violin ukuran penuh (yaitu, antara 15 dan 18 inci (38 dan 46 cm), dengan rata-rata panjang 16 inci (41 cm).Viola kecil untuk anak-anak biasanya mulai dari 12 inci (30 cm),setara dengan sebuah violin berukuran 1/2. Untuk anak yang membutuhkan ukuran viola yang lebih kecil, violin  berukuran kecil sering dipasangkan dengan senar viola.
Tidak seperti violin, viola tidak memiliki standar ukuran penuh.. Tubuh viola memerlukan pengukuran sekitar 20 inci (51 cm) untuk mencocokkan dengan ukuran violin akustik, sehingga cara mainnya berbeda dengan cara memainkan violin.



Bermain viola ukuran 17" pada posisi 3
Fingering pada viola

Seseorang yang memainkan viola disebut violist. Teknik yang diperlukan untuk bermain viola memiliki perbedaan tertentu dibandingkan dengan violin, sebagian karena ukurannya yang lebih besar dan seringkali memerlukan fingering berbeda. String viola yang kurang responsif sehingga pemain viola harus berkonsentrasi lebih intens pada string.
Karena ukuran viola itu, violists dengan lengan pendek cenderung menggunakan ukuran viola lebih kecil untuk bermain lebih mudah. Penyesuaian yang paling sering terlihat adalah bahwa pemain viola harus menggunakan fingering yang lebih luas dibandingkan pemain violin.  
Keluarga biola (contrabass,cello,viola,violin)
Viola umumnya dirangkai dengan string yang lebih berat daripada violin. Hal ini, dikombinasikan dengan ukuran yang lebih besar dan lebih rendah rentang pitch, menghasilkan nada yang lebih dalam dan mellower. Namun, string tebal juga berarti bahwa biola 'berbicara' lebih lambat. Singkatnya, jika pemain violin dan pemain viola bermain bersama, pemain viola harus menggerakan busur sepersekian detik lebih cepat dari pemain violin.  
Senar tebal juga berarti pressure pada busur juga harus ditambahkan untuk membuat viola berbunyi. 
dari atas : busur violin, busur viola, busur cello


Busur viola lebih tebal busur violin, yang terutama terlihat dekat frog (atau 'heel' di Inggris). Busur Viola 70-74 gram (2,5-2,6 oz) lebih berat dari busur violin 58-61 gram (2,0-2,2 oz). 

2 comments:

firdayanti ( ier- dibaca -ir) said...

mau tanya , jenis-jenis ukuran viola ada berapa banyak.
kalo 34-35cm (apa masuk kategori viola?)

soalnya body nya lebar dan lebih besar dari violin umum 4/4 lain nya

firdayanti ( ier- dibaca -ir) said...

mau tanya , jenis-jenis ukuran viola ada berapa banyak.
kalo 34-35cm (apa masuk kategori viola?)

soalnya body nya lebar dan lebih besar dari violin umum 4/4 lain nya

Post a Comment

});